logintrainers.org – Anda yang awalnya malah untuk bergerak atau berolahraga, dan tiba-tiba anda ingin nge-gym merupakan awal yang baik untuk memberlakukan hidup sehat. Seperti yang kita tahu, nge-gym merupakan aktifitas yang mampu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita.

Tak hanya sebagai gerakan yang menyehatkan, olahraga atau nge-gym juga bisa dibilang sebagai pil ajaib bagi tubuh anda. Karena diketahui dengan olahraga seseorang bisa sembuh dari penyakit berat sekalipun, contohnya seperti penyakit jantung yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Tak hanya disitu saja, dengan berolahraga juga bisa mencegah kembalinya beberapa jenis penyakit seperti kanker. Bagi penderita arthritis, maka berlolahraga bisa membuat penyakit ini berangsur-angsur turun. Bahkan bagi penderita penyakit jiwa, dengan berolahraga bisa mengatasi depresi yang dialaminya.

Tentu saja aktifitas ini harus dilakukan dengan cara yang benar, sehingga beragam manfaat diatas bisa didapatkan dengan sempurna. Memang banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan nge-gym, namun bagi pemula ada bainya bila mau memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

  1. Lakukan secara perlahan

Ketika anda memutuskan untuk nge-gym, maka anda harus melakukannya dengan perlhan dan tak langsung melakukannya dalam jangka waktu singkat. Anda bisa melakukan kegiatan ini 2 hingga 3 kali seminggu, dan hindari nge-gym 5 kali sehari atau anda akan mengalami resiko cidera dan hal negatif lainnya.

  1. Jangan melupakan peregangan

Selain melakukan pemanasan, melakukan peregangan itu perlu dilakukan sebelum dan sesudah nge-gym. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya resiko cidera, yang disebabkan otot masih dalam keadaan tegang. Anda bisa meregangkan otot setidaknya 15 detik sebelum dan sesudah nge-gym, sehingga anda bisa melakukan gerakan gym lebih sempurna.

  1. Jangan hanya satu bidang

Ketika tengah berlatih gym, anda bisa melakukan beragam aktifitas dengan memanfaatkan beragam alat yang telah disediakan. Jadi intinya dalam satu kali nge-gym lakukan banyak gerakan secara bergantian, tujuannya agar otot dan kesehatan anda bisa merata keseluruh tubuh.

Baca juga : Tetap Bisa Berolahraga Tanpa Harus Pergi Ke Gym

Selain itu dengan melakukan gerakan yang berfariasi, mampu membuat kegiatan gym tidak membosankan. Begitu pula dalam latihan kekuatan, jangan hanya berfokus pada latihan kaki saja karena tubuh yang lain juga perlu dilatih.

  1. Ketahui berat tubuh dan cara menggunakan alat fitnes

Wajar ketika anda bingung saat masuk ke gym di kali pertama, namun jangan sampai anda takut untuk bertanya atau meminta bantuan. Hal ini juga berpengaruh dalam resiko terjadinya cedera, dan anda pun bisa berfokus pada pembugaran tubuh anda.

Itulah 4 tips dasar yang harus anda lakukan dalam berolahraga di dalam gym, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk menemukan pedoman saat berolahraga di dalam gym dengan benar.