Gerakan Dasar pada saat Fitness untuk Pemula

Fitness atau biasa dikenal dengan isitlah nge-gym adalah pola latihan terukur dan terstandar yang dijalankan dengan aturan serta konsep gerakan tertentu. Tujuannya, tentu saja yang paling utama adalah kebugaran pelakunya. Selain itu, fitness juga dijalankan dengan maksud untuk membentuk bagian tubuh tertentu.

Karena sifat gerakannya yang terukur, teratur dan terarah serta tak jarang menggunakan perlengkapan-perlengkapan tertentu, fitness disarankan didampingi oleh seorang pelatih fitness atau biasa dikenal dengan istilah personal trainer.

Personal trainer ini lah yang akan memberikan arahan serta porsi latihan seperti apa yang bisa diterapkan serta dilakukan seseorang tersebut sesuai dengan target dan capaian yang ingin didapatkan.

Pendek kata, ada tahapan-tahapan bagi seorang agar latihan yang dilakoni membawa dampak bagi kebugaran sekaligus mampu membentuk bagian-bagian tubuh tertentu menjadi lebih indah dan sempurna.

Untuk anda para pemula yang baru saja mulai nge-gym atau fitness, rangkuman latihan-latihan berikut telah diintisarikan dari saran para personal trainer profesional.

 

5 Latihan dan Gerakan Dasar Fitness untuk Pemula

Olahraga jelas sangat berguna untuk menjaga kebugaran. Namun latihan diluar porsi serta level pelatihan seseorang malah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari cedera ringan sampai yang berat. Karenanya, para profesional trainer fitness menyarankan untuk menerapkan 5 gerakan dasar ini sebagai latihan awal bagi mereka yang baru mulai mencoba fitness.

  1. Squat atau Jongkok

Siapa bilang fitness langsung harus berinteraksi dengan alat-alat gym yang berat-berat. Tidak demikian. Karena latihan mula-mula bagi seorang pemula yang baru mencoba fitness adalah squat. Tujuannya untuk meningkatkan otot perut agar kencang dan siap untuk latihan yang lebih berat. Caranya, cukup rentangkan kedua kaki selebar bahu, dorong pinggul sembari tekuk lutut perlahan sampai membentuk 90ᵒ. Tekuk lutut perlahan sampai bagian paha bisa sejajar lantai. Saat menjalankan aktifitas ini, cobalah fokus untuk menjaga agar posisi punggung tetap lurus serta pandangan mata menghadap ke depan.

  1. Lunge atau Melangkah

Konsep latihan kedua adalah melangkah. Bukan sembarangan melangkah tapi dengan cara angkat kaki lalu coba ambil langkah besar ke depan. Pada saat yang sama cobalah untuk menggerakkan pinggul ke bawah sembari menekuk bagian lutut sampai sudut 90ᵒ, lakukan hal yang sama dengan kaki satunya.Bila sebelumnya dilakukan dengan kaki kiri, selanjutnya latih kaki yang sebelah kanan. Tahapan ini akan melatih koordinasi tubuh serta kelenturan pinggul.

 

  1. Bent-over Row

Latihan di tahap ketiga ini akan membutuhkan alat bantu berlatih berupa beban biasanya barbel dengan tuas angkat yang panjang. Tujuan dari latihan ini adalah menguatkan otot punggung sehingga bisa menjalankan latihan-latihan lain yang lebih berat lagi. Untuk caranya, pegang bagian tuas angkat pada beban yang sudah disediakan. Posisikan kedua telapak tangan menghadap ke bagian bawah, coba angkat beban sampai mendekati bagian perut, dengan posisi punggung serta pinggang anda statis. Aturlah napas anda saat mengangkat lifter atau beban, tarik pada saat menurunkan beban serta hembuskan ketika beban diangkat. Jangan memaksakan diri, cobalah untuk menemukan posisi terbaik sampai beban bisa terangkat dengan benar.

  1. Overhead Press

Posisi kuda-kuda kaki sama seperti pada saat Bent-over Row hanya saja pada latihan ini, beban benar-benar diangkat di atas kepala. Atur napas saat mengangkat dan menurunkan beban dengan metode yang sama. Pastikan bahwa ukuran beban sesuai kemampuan, bila tidak bisa menyebabkan cedera.

Baca juga : Baru Fitness, Apa Yang Harus Dilakukan?

  1. Chest Press

Seperti namanya, chest press dilakukan dengan posisi berbaring. Beban diletakkan di atas dada, dan disangga dengan penyangga khusus. Di klub-klub fitness, perangkat chest press biasanya sudah tersedia.

 

Tekniknya sama seperti latihan ke tiga dan empat. Atur napas dan angkat beban perlahan dengan benar, tekuk bagian lutut dan angkat tuas beban.

Itulah tadi lima latihan fitness atau gym paling dasar untuk pemula. Latihan ini tentu tidak dijalankan berseri dalam satu sesi fitness. Jalankan secara bertahap sesuai supervisi dari personal trainer.

META

Judul : Gerakan Dasar pada saat Fitness untuk Pemula

Deskriprsi : artikel kali ini memberikan tips seputar gerakan-gerakan dasar pada saat fitness untuk mereka yang baru mencoba.

Keyword : –

Density : –