Ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, terutama membentuk tubuh menjadi lebih ideal, seringkali membuat banyak orang akhirnya memutuskan pergi ke tempat fitness. Namun bagi pemula, seringkali masih merasa asing dan bingung harus melakukan apa ketika sudah berada di sana.

Apakah kamu salah satu orang yang mengalami hal ini?

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan bagi pemula yang baru pertama kali datang ke tempat fitness.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Ketika Pertama Kali Fitness?

Bagi kamu yang masih pemula, tentu bingung harus melakukan apa ketika akan melakukan fitness untuk pertama kalinya. Nah berikut ini yang harus kamu lakukan agar kondisi badan tetap prima dan oke meskipun kamu baru pertama kali melakukan fitness.

1.   Konsumsi Makanan Sebelum Memulai Fitness

salah satu hal pentin dan utama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan fitness adalah mengonsumsi makanan maksimal 1 jam sebelum latihan dimulai. Hal ini agar makanan bisa dicerna dengan baik dulu oleh tubuh sebelum memulai olahraga.

Selain itu, dengan mengonsumsi makanan terlebih dahulu, maka badan akan memiliki energy yang cukup.

Jika mengonsumsi makanan kurang dari 1 jam sebelum memulai olahraga bisa mengakibatkan tubuh merasa kaget. Selain itu olahraga juga tidak akan berjalan dengan maksimal.

2.   Melakukan Cardio Terlebih Dahulu

Setelah mengonsumsi makanan 1 jam sebelumnya, selanjutnya kamu bisa melakukan cardio terlebih dahulu. Bagi kamu yang baru pertama kali datang ke tempat fitness, pastikan jangan sampai salah untuk memulai latihan dan salah satu caranya dengan melakukan cardio.

Cardio perlu dilakukan karena berguna untuk mempersiapkan tubuh yang akan melakukan olahraga. Dengan kata lain, cardio adalah cara yang dilakukan untuk memberitahukan tubuh bahwa sedang melakukan olahraga.

Kegiatan ini cukup dilakukan 15-30 menit saja. Kamu bis melakukan treadmill dengan mengatur kecepatan secara bertahap.

3.   Jangan Menggunakan Alat Berat Terlebih Dahulu

Di masa awal, tubuh tentu perlu waktu untuk melakukan adaptasi dalam kondisi berolahraga. Oleh karena itulah, sebaiknya kamu menghindari penggunaan alat berat seperti barbell dan dumbbell yang akan membuat badan kamu cepat merasa lelah.

Jika kamu memaksakan untuk langsung menggunakan alat berat, yang terjadi justru tubuh menjadi cepat lemas dan kaku. Sehingga otomatis akan membuat latihan atau olahraga kamu menjadi tidak maksimal.

4.   Ketahuilah Batas Kemampuan Atau Limit Tubuh Kamu

Setiap tubuh pasti memiliki batas kemampuan dalam melakukan berbagai kegiatan termasuk olahraga. kamu harus memilki ukuran tertentu dalam menjalankan olahraga sehingga kamu tidak perlu berolahraga secara berlebihan yang justru akan membuat fisik kamu kelelahan.

Sebagai contoh, kamu berlari sepanjang 3-5 kilo saja atau sekitar 15-20 menit/hari.

Lakukan olahraga dalam kurun waktu yang tidak perlu lama ketika kamu memilki kegiatan yang cukup padat. Hal ini agar kamu tetap mempunyai energy untuk melakukan aktivitas yang lainnya.

Kamu hanya perlu rutin melakukan olahraga yang kamu terapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5.   Minum Air Putih Sebelum Dan Sesudah Berolahraga

Tubuh selalu membutuhkan cairan untuk melancarkan sistem metabolisme. Selain itu, minum air putih sebelum dan setelah olahraga juga bisa menghidarkan kita dari heat stroke ketika sedang berolahraga.

Usahakan bahwa kamu mengonsumsi air putih yang cukup saat sebelum, saat dan sesudah olahraga dengan minimal 300-500 ml. Dengan begitu tubuh akan tetap sehat dan segar karena sistem metabolism di dalam tubuh lancar.

Nah itulah 5 hal yang harus dilakukan bagi kamu yang baru pertama kali datang ke tempat fitness. Jika mau, kamu juga bisa meminta instruktur fitness untuk memberikan latihan yang ringan padamu. Instruktur tentu sudah paham dan setiap hari menangani para pemula yang ingin melakukan fitness.